[Logo] Meus Livros em Andamento
  [Search] Search   [Recent Topics] Recent Topics   [Hottest Topics] Hottest Topics   [Members]  Member Listing   [Groups] Back to home page 
[Moderation Log] Moderation Log   [Register] Register / 
[Login] Login 
Forum Index
Profile for :: beasiswas1
Avatar All about beasiswas1
Ranking:
Karma:
Registration date:  05/11/2019 13:12:08
Number of messages posted:  No posted messages available
Created topics: No topic created
Website:  http://myfolio.com/beasiswas1
Biography: Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 - Biasanya, lulus cum laude adalah cita-cita mulia mahasiswa baru (baca: mahasiswa yang masih ambisius). Namun semakin lama, hasrat menggapai cum laude pun mulai kendor, shay!

Walaupun nilai bukanlah tujuan utama kuliah (tujuan utamanya mendapat ilmu, sob), tapi nggak ada salahnya kamu mengejar prestasi akademis. Mantranya adalah, “YES, I CAN!”

Sebelum saya sharing tips-trik mencapai cum laude, saya mau sharing dulu tentang persyaratannya. Umumnya, kriteria untuk menjadi peraih cum laude di tingkat Diploma dan Sarjana adalah:

Baca Juga : 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Bermanfaat

1. Indeks Prestasi Komulatif di atas 3.50, jadi minimal 3.51 (standar IPK 4.00).

2. Nggak ada mata kuliah yang ngulang. Jadi walau misalnya IPK kamu 3.91, kamu tetap nggak bisa cum laude kalau kamu pernah nggak lulus dan mengulang mata kuliah.

Gimana kalau pernah "cuci nilai"? Untuk lebih pastinya, sebaiknya kamu tanyakan ke pembimbing akademik atau pihak kampus kamu. Karena secara teknis, "mencuci nilai" itu termasuk mengulang kelas Biaya Kuliah.

3. Lulus tepat waktu, atau lebih cepat. Biasanya, program Diploma harus ditempuh selama 3 tahun (6 semester) sementara program Sarjana harus ditempuh selama 4 tahun (8 semester).

So, how to be a cum lauder?

1. Tentunya, kamu harus memenuhi syarat cum laude. Pastikan kamu lulus semua mata kuliah, pantau nilaimu supaya memenuhi target, dan jangan sampai kuliahnya molor.

2. Di kelas, selain belajar sungguh-sungguh dan berusaha menguasai ilmu dan skill yang diberikan, ketahui juga syarat penilaian.

Misalnya, siapa tahu persentase nilai mata kuliah tertentu dipengaruhi oleh kehadiran penuh (tanpa absen), nilai kuis, dan pengumpulan tugas.

Bisa aja, lho, nilai UTS dan UAS kamu mentereng, tapi nilai IP kamu cuma “B” lantaran kamu sering absen dan nggak ikutan kuis di kelas. Buat yang belum tahu, kuis adalah tes kecil. Biasanya dosen memberikan kuis sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Baca Juga : Langkah Cerdas Hadapi Penerimaan Mahasiswa Baru

3. Aktif di kelas. Bertanya, diskusi, dan menjawab pertanyaan di kelas, bisa memberikan kamu poin plus, lho. Jangan shy-shy cat alias malu malu kucing! Tapi jangan juga asal bunyi juga, yes?!
My Bookmarks: There are no bookmark entries for this user.
Contact beasiswas1
Private Message:
Powered by JForum 2.1.8 © JForum Team